Biografi Tokoh Dunia

Cerita Sukses Tokoh Hebat Dunia

Biografi Andrea Hirata - Revolusi Sastra Indonesia

Biografi Andrea Hirata - Siapa yang tak kenal dengan Andrea Hirata, sang penulis novel fenomenal Laskar Pelangi? Nama lengkap dari Andrea Hirata adalah Seman Said Harun, lahir di Belitung, 24 Oktober 1982. Andrea Hirata merupakan seorang novelis yang telah merevolusi sastra Indonesia. Ia berasal dari Pulau Belitung, provinsi Bangka Belitung.

Biografi Kehidupan Andrea Hirata: Novel pertamanya adalah novel Laskar Pelangi, novel sastra yang paling laris di Indonesia dari tahun 2006 sampai sekarang. Laskar Pelangi dijadikan hadiah ulang tahun, bahan pidato pengukuhan seorang guru besar, tesis dan desertasi, mas kawin mendampingi Al-Qur’an-kitab suci umat Islam, dijadikan soal ujian nasional Bahasa Indonesia untuk para pelajar Indoensia, dan didiskusikan di mesjid-mesjid, gereja-gereja, dan oleh berbagai macam agama sebagai rujukan toleransi dan bentuk baru kesepahaman antar agama, suku, dan ras. Kemampuan novel Laskar Pelangi untuk memukau anak-anak kecil berusia 7 tahun sampai pada professor-professor universitas berusia 70 tahun, dan menggapai seluruh kalangan baik secara sosial ataupun reliji adalah kemampuan misterius yang dimiliki Andrea Hirata. Novel Laskar Pelangi telah menginspirasi jutaan orang Indonesia dan merupakan novel yang paling banyak pula diadaptasi menjadi berbagai bentuk seni lainnya, seperti film, lagu-lagu, dan drama musikal.

Andrea Hirata menghasilkan tetralogi novel, yaitu : Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov. Selain Tetralogi laskar pelangi, Andrea juga menghasilkan karya lain, yaitu Padang Bulan & Cinta di Dalam Gelas yang terbit tahun 2010. Sebelas Patriot (2011), Laskar Pelangi Song Book (2012).

Meskipun studi mayor yang diambil Andrea adalah ekonomi, ia amat menggemari sains--fisika, kimia, biologi, astronomi dan sastra. Andrea lebih mengidentikkan dirinya sebagai seorang akademisi dan backpacker. Sedang mengejar mimpinya yang lain untuk tinggal di Kye Gompa, desa di Himalaya.

Andrea mendapat beasiswa program master di Sheffield Hallam University, United Kingdom. Tesis Andrea di bidang ekonomi telekomunikasi mendapat penghargaan dari universitas tersebut dan ia lulus cum laude. Tesis itu telah diadaptasikan ke dalam Bahasa Indonesia dan merupakan buku teori ekonomi telekomunikasi pertama yang ditulis oleh orang Indonesia. Buku itu telah beredar sebagai referensi Ilmiah.


Artikel Menarik Lainnya

1 Responses to “ Biografi Andrea Hirata - Revolusi Sastra Indonesia ”

Tsabita Shada :
siiiiippppp 16 Februari 2014 02.29

Poskan Komentar