Biografi Tokoh Dunia

Cerita Sukses Tokoh Hebat Dunia

Biografi Harland Sanders - Pendiri Franchise Kentucky Fried Chicken (KFC)

Beliaulah Kolonel Harland Sanders, pendiri fast food dan waralaba ayam goreng terkenal di dunia selain McD, Kentucky Fried Chicken atau KFC. Beliau adalah pensiunan angkatan darat dari Amerika Serikat namun tidak memiliki uang sepeser pun kecuali dari tunjangan hari tua yang dimilikinya.

Lahir di Amerika Serikat pada tahun 9 September 1890 dan meninggal pada 16 Desember 1980. Sejak kecil Harland memang sudah biasa memasak untuk keluarganya karena ibunya harus bekerja. Biografi Harland Sanders menyebutkan bahwa ayahnya meninggal pada usia 6 tahun dan ibunya menikah lagi namun ayah tirinya memukulinya hingga akhirnya ia meninggalkan rumah untuk tinggal dengan pamannya.

Usia 7 tahun, ia sudah pandai memasak di beberapa tempat. Umur 10 tahun ia mendapatkan pekerjaan pertamanya di dekat pertanian dengan gaji 2 dolar sebulan. Ia meninggalkan rumah pada umur 12 tahun dan bekerja di daerah Greendwood. Ia berganti-ganti pekerjaan selama beberapa tahun, mulai dari tukang parkir pada usia 15 tahun hingga menjadi tentara pada usia 16 tahun dan bertugas di Kuba selama 6 bulan.

Tahun 1930, ia membuka bengkel di Corbin, Kentucky dan menjual makanan bagi orang-orang yang sedang bepergian dan lewat disana. Saat itu ia belum punya restoran sehingga menyajikan makanannya pada meja makan di ruang makan bengkelnya.

Popularitas lokal nya tumbuh, dan Sanders pindah ke restoran motel dengan 142 kursi, kemudian Harland Sanders Café dan Museum . Selama sembilan tahun berikutnya ia mengembangkan resep rahasianya untuk menggoreng ayam goreng dalam pressure cooker yang ternyata menggoreng ayam jauh lebih cepat daripada penggorengan . Pada tahun 1939 kritikus makanan Duncan Hines mengunjungi Sanders restaurant dalam penyamaran dan sangat terkesan sehingga restoran Sanders didaftar sebagai "Adventures in Good Eating," panduan yang terkenal untuk restoran di seluruh Amerika Serikat.

Biografi pendiri KFC ini menunjukan bahwa sekitar tahun 1950, Sanders mulai mempertahankan penampilan yang khas, berkumis dan jenggot khasnya serta mengenakan setelan putih dan dasi string. Ia tidak pernah mengganti seragamnya selama 20 tahun terakhir dalam hidupnya. Penampilan inilah yang menjadi logo KFC hingga sekarang ini.


 Di tahun 1952, Sanders menjual semua propertinya untuk berkeliling dari kota ke kota dan dari restoran ke restoran untuk menawarkan resepnya. sebagai mantan koki, dia percaya bahwa resepnya akan diminati banyak restoran dan mau diajak bekerjasama untuk membuka usaha waralaba dengan menggunakan lisensinya. Sayangnya lebih dari 1000 restoran menolak resep yang ditawarkannya, tapi dia tidak menyerah begitu saja dan terus berkeliling sampai tiba di restoran ke 1008 yang mau membelinya dan mengembangkan usaha waralaba yang diberi nama KFC.


Pendekatan waralaba berhasil, dan kurang dari sepuluh tahun kemudian, pada tahun 1964, Kolonel Sanders mempunyai lebih dari 600 outlet waralaba untuk ayam gorengnya di seluruh Amerika dan Kanada.  Sanders menjual perusahaan Kentucky Fried Chicken sebesar $ 2 juta untuk kemitraan pengusaha Kentucky yang dipimpin oleh John Y. Brown, Jr. Kesepakatan tidak termasuk yang beroperasi di Kanada. Pada tahun 1965 Sanders pindah ke Mississauga , Ontario untuk mengawasi waralaba Kanada.

Sanders meninggal di Rumah Sakit Yahudi di Louisville, Kentucky  pada 16 Desember 1980. Dia telah didiagnosis dengan leukemia akut Juni sebelumnya. Ia dimakamkan dengan karakteristiknya jas putih dan dasi tali hitam Barat di Cave Hill Cemetery di Louisville.



Artikel Menarik Lainnya

0 Responses to “ Biografi Harland Sanders - Pendiri Franchise Kentucky Fried Chicken (KFC) ”

Poskan Komentar