Biografi Tokoh Dunia

Cerita Sukses Tokoh Hebat Dunia

Biografi John Dalton - Penemu Teori Atom

Biografi John Dalton (1766-1844)  - John Dalton adalah ahli fisika dan kimia Inggris, penemu teori atom, penemu hukum Dalton, hukum proporsi ganda, daltonisme, tanda atom, daftar bobot atom, penemu sebab hujan, perintis meteorology, pengarang, doktor,guru dan anggota Royal Society. Ia tidak pernah kawin karena katanya tidak punya waktu. Ia lahir di  Eaglesfield, Cumberland, Inggris, pada tanggal 6 September 1766 dan meninggal di Manchester pada tanggal 27 Juli 1844 pada umur 78 tahun. Karena menemukan teori atom yang ilmiah dan bukan seperti teori atom Democritus yang filosofis dan spekulatif, maka ia disebut bapak teori atom.

Biografi Lengkap John Dalton - Penemu Teori Atom
John Dalton lahir di Eaglesfield, desa kecil di sebelah barat laut Inggris. Ayahnya tukang tenun dan mempunyai enam orang anak. Ayah Dalton miskin hingga tak mampu menyekolahkan anaknya sampai tingkat menengah. Pada umur 11 tahun Dalton terpaksa putus sekolah dan harus mencari nafkah sendiri. Ayah Dalton adalah penganut sebuah aliran agama yang disebut Quaker. Dalton anak sederhana yang suka sekali belajar sendiri, hingga ia jauh lebih pandai dari teman sebayanya. Malam hari ia belajar matematika. Pada umur 12 tahun ia jadi guru. Tapi gajinya kecil sekali, hanya 5 shilling satu minggu.

Dua tahun kemudian ia mencari pekerjaan lain dan mendapat pekerjaan sebagai buruh tani. Ternyata pekerjaan ini kurang cocok baginya. Maka pada umur 15 tahun ia jadi guru lagi di Kendal sampai diangkat jadi kepala sekolah pada tahun 1793 pada umur 27 tahun. Kemudian ia pindah ke Manchester. Disini ia bertemu dengan John Gough, ahli filsafah alam yang matanya buta. Gough mengajar Dalton matematika dan filsafat alam. Bahkan Gough menolong Dalton mencari pekerjaan. Karena bantuan Gough, Dalton mendapat kedudukan sebagai guru di New College di Manchester.

John Dalton mulai tertarik pada meteorology pada umur 21 tahun. Sejak itu sampai ajanya ia mencatat hasil pengamatannya. Selama 57 tahun ia mencatat 200.000 observasi. Pada umur 27 tahun bukunya yang berjudul Esai dan Observasi Meteorologi terbit. Dalton menderita sakit buta warna. Ia tidak dapat melihat warna merah dan hijau. Baginya warna merah tampak cokelat. Ia secara ilmiah menulis pengalamannya sebagai penderita buta warna. Buta warna merah dan hijau yang menyerang Dalton ini kemudian disebut Daltonisme.


Artikel Menarik Lainnya

0 Responses to “ Biografi John Dalton - Penemu Teori Atom ”

Poskan Komentar